MUHAMMAD KUKUH WAHYUDI SATRIAWAN MENGUKUHKAN MAN 2 MATARAM DI AJANG DEBAT BAHASA INGGRIS NASIONAL

  • Selasa, 24 November 2020 - 09:08:53 WIB
  • Administrator
MUHAMMAD KUKUH WAHYUDI SATRIAWAN MENGUKUHKAN MAN 2 MATARAM DI AJANG DEBAT BAHASA INGGRIS NASIONAL

Humas M2M- Jebolan salah satu ekstrakurikuler Bahasa asing di MAN 2 Mataram kembali menorehkan hasil gemilang di ajang NSDC (National School Debating Competition) tingkat nasional. Presiden Manda English Club periode  2019/2020 ini merupakan anggota TIM Debat Bahasa Inggris yang mewakili NTB Bersama 2 rekan satu timnya yang berasal dari SMAN 1 Mataram (Rukmanggana Satya Pratiwi) dan SMA Katolik Kusuma Mataram (Ni Putu Amasya Chikita Rivanny). Ini adalah capaian luar biasa untuk MAN 2 Mataram. Karena menurut Pembina MEC, ibu Fina Karismayanti, S.Pd., madrasah baru tahun 2020 ini bisa terlibat langsung pada even NSDC. NSDC adalah lomba debat Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Ajang ini dilaksanakan setiap tahun dan diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia.
Kukuh merupakan pribadi yang bersahaja, humble, hangat, kadang irit berbicara namun asyik. Mudah bergaul dan memiliki wawasan yang luas jika ditilik dari siswa seumuran dia. Kukuh pun merupakan siswa bertalenta yang memiliki segudang prestasi, diantaranya: Juara 3 Ahmad Dahlan English Debating Championship tahun 2019 di Yogyakarta, Juara 1 Debate Competition- D-Motion ‘19 MAN 2 Mataram. 
Pembinaan untuk pengembangan Bahasa asing di MAN 2 Mataram sangat intens dilaksanakan. Salah satunya adalah Bahasa Inggris. Untuk diketahui di MAN 2 Mataram terdapat 4 klub Bahasa Asing, yaitu: Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Korea dan Bahasa Jepang. MEC atau Madrasah English Club adalah organisasi ekstrakurikuler yang anggotanya adalah siswa/siswi yang memiliki ketertarikan dengan Bahasa Inggris dan atau yang memiliki kemampuan ekstra pada bidang tersebut. Organisasi tersebut juga dijadikan sebagai wadah untuk menempa para anggotanya dalam bidang public speaking, scientific writing, dan debating. Bidang-bidang tersebut dilatih oleh tenaga professional di bidangnya. Pembinaan dilakukan dua kali seminggu. Jika ada lomba maka peserta akan mengikuti TC atau karantina selama seminggu. Hal ini menunjukkan keseriusan dari pihak madrasah untuk hasil yang maksimal. Tak heran jika jebolan organisasi ekstrakurikuler ini banyak menuai prestasi.
Tim NSDC sendiri sebelum lomba ke tingkat nasional, melakukan persiapan maksimal. Panitia terlebih dahulu memberikan training  (TC) kepada tim debat selama paruh Oktober. Tepatnya, sesi I TC dilakukan pada tanggal 19-21 Oktober 2020 di MAN 2 Mataram (PSBB) dan sesi II dilakukan pada tanggal 22-27 Oktober 2020 di Hotel I Doop Mataram dengan pelatih ibu Siti Afuwwani, S.Pd.
Pada persiapan tersebut, MAN 2 Mataram berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Barat, SMAN 1 Mataram dan SMA Katolik Kusuma Mataram. Hal ini menunjukkan sinergisitas yang fantastis dengan dua kementerian dan 3 lembaga. Kepala madrasah Bapak Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd., berharap jalinan kerjasama ini bisa berlanjut di masa mendatang.
Adapun pemenang lomba NSDC Tahun 2020 ini adalah: (1) Tim Debat dari DKI Jakarta sebagai juara 1 (medali emas), (2). Tim Debat Provinsi Banten sebagai juara 2 (medali perak), dan (3) Tim Debat NTB sebagai Juara 3 (medali perunggu). Salah satu anggota Tim yakni Rukmanggana Satya Pratiwi dari SMAN 1 Mataram berhasil menyabet posisi ke-13 dari 15th best speaker dan berhak mengikuti seleksi WSDC (World School Debating Championship) 2021 di Macau-Cina. Tahun 2019 lalu Tim Debat Bahasa Inggris  (semuanya siswa) MAN 2 Mataram juga berhasil mendapat juara di Filiphina di ajang World Scholar Cup
Dengan Raihan NSDC 2020 ini, maka Kukuh Cs berhasil mengharumkan nama NTB, wabilkhusus ananda Kukuh berhasil mengukuhkan MAN 2 Mataram sebagai salah satu madrasah yang patut diperhitungkan [Siti Rahmi].

  • Selasa, 24 November 2020 - 09:08:53 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait