7 SISWA MAN 2 MATARAM DITERIMA KULIAH DI UNIVERSITAS AL-AZHAR KAIRO

  • Selasa, 24 November 2020 - 09:13:03 WIB
  • Administrator
7 SISWA MAN 2 MATARAM DITERIMA KULIAH DI UNIVERSITAS AL-AZHAR KAIRO

Mataram-7 orang siswa MAN 2 Mataram kembali mengharumkan nama madrasah. Pasalnya ke-7 orang siswa ini berhasil diterima kuliah di Universitas Al-Azhar, Mesir- Kairo. Universitas ini merupakan salah satu universitas bergengsi di dunia. Universitas Al-Azhar adalah salah satu pusat utama Pendidikan Sastra Arab dan pengkajian Islam Sunni di dunia, dan merupakan universitas pemberi gelar tertua nomor dua di dunia.

Ketujuh siswa MAN 2 Mataram yang berhasil lulus tersebut 6 di antaranya merupakan angkatan pertama kelulusan MANPK sejak dicanangkan pemerintah 3 tahun lalu, mereka adalah: Faqih Harlian diterima di Fakultas Ushuluddin Jurusan Filsafat, Muhammad Qusayyi Al-Jamali diterima di Fakultas Lughoh Jurusan Tarikh, Diky Ramdhan Novansyah diterima di Fakultas Ushuluddin Jurusan Hadits, Muhammad Hafizul Umam diterima di Fakultas Syaria’h Jurusan Syaria’h Islamiyah, Muhammad Alpadi diterima di Fakultas Syari’ah Jurusan Syari’ah Islamiyah, Muhammad Zainuddin Nawawi diterima di Fakultas Ushuluddin Jurusan Hadits, dan Lalu Adien diterima di Fakultas Ushuluddin Jurusan Tafsir.

Nama-nama siswa dari nomor satu sampai 6 merupakan santri MANPK-MAN 2 Mataram, nama yang terakhir, yakni Lalu Adien merupakan nama yang membuat semua warga madrasah merasa surprise karena Lalu Adien bukan berasal dari santri MANPK, melainkan merupakan siswa reguler MAN 2 Mataram dari jurusan Ilmu-ilmu Sosial (IIS).

Menurut salah seorang dari mereka, Muhammad Qusayyi Al-Jamali atau biasa dipanggil Ayik, ia beserta 6 orang rekannya diterima di Universitas  Al-Azhar Kairo melalui jalur non-beasiswa. Mereka akan berangkat setelah pengurusan visa selesai, sekitar November akhir atau awal Desember 2020 mendatang.

Mereka melakukan tes pada tanggal 03 Juli 2020 yang lalu yang terbagi menjadi 3 gelombang dan dua pola, yakni tes tulis dan tes wawancara. Setelah dinyatakan lulus, mereka melakukan pembelajaran di Pusiba (Pusat Studi Islam dan Bahasa) -Jakarta melalui daring sebagai kelas isti’dad sebelum berangkat. (Semacam program pendalaman bahasa dan budaya negara setempat/pre-departure sebelum pemberangkatan ke Negara tujuan, agar para calon mahasiswa tidak terkena sindrom culture shock).

Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MANPK) merupakan salah satu program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama yang menjadi bagian dari MAN Reguler yang sudah ada. MANPK pada MAN Reguler bertujuan merevitalisasi praktek penyelenggaraan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) yang pernah diprakarsai oleh Menteri Agama Munawir Sazali pada tahun 1987 lalu.

Dengan penekanan pada kurikulum keagamaan yang padat serta penekanan pada penguasaan Bahasa Arab dan Inggris, MANPK ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan ke-islaman, ke-indonesiaan dan ke-modernan yang baik. Untuk lebih jelasnya tentang MANPK bisa diklik link berikut: https://youtu.be/FrQcr_9MTik.

Sebelum menjadi Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MANPK) yang sekarang, program ini bernama Program Keagamaan (Kelas Agama) tetapi  berasrama, 9 orang pendahulu dari kelas Keagamaan dan 2 orang dari kelas regular juga lulus pada tahun 2018 lalu di Universitas Al-Azhar-Kairo dengan Fakultas dan Jurusan yang bervariasi. Melalui 2 jalur, yakni jalur beasiswa dan non beasiswa.

Kesembilan siswa dari kelas Agama, yaitu: M. Ridho Syarif, Dwina Mauludy Rexa Imamah, M. Uwais Al Qorni, Rizkika Mudayyana, M. Ismail Furqan, M. Shoyyifani, Paizil Ahyar dan Pareza Oemar Hasyim. Sedangkan 2 orang dari kelas regular yaitu M. Hafidh Ammar dan Indra, keduanya dari kelas IPA.

Adapun ketujuh siswa MANPK yang lulus ini beberapa waktu lalu sempat dilepas oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bapak Dr. KH. Zaidi Abdad, MA., sekaligus pembinaan ASN di lingkup Kementerian Agama di Kota Mataram, bertempat di MAN 2 Mataram. (Untuk info lebih lengkap tentang pelepasan ini dengan mengklik link : (https://youtu.be/OH88NCj0gp8).

Prestasi yang ditorehkan oleh siswa-siswa MAN 2 Mataram ini diharapkan jadi pelecut semangat bagi adik-adik kelasnya di masa yang akan datang, tentu warga madrasah berharap bahwa alumni-alumni MAN 2 Mataram yang diterima di Perguruan Tinggi luar negeri bukan hanya Universitas Al-Azhar saja, melainkan universitas-universitas bergengsi lainnya di dunia.  (Humas M2M).

  • Selasa, 24 November 2020 - 09:13:03 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya